{ فَصْلٌ } يَجِبُ عَلَى كُلِّ
مَنْ صَلَّى مُقْتَدِيًا فِيْ جُمْعَةٍ أَوْ غَيْرِهَا أَنْ لَايَتَقَدَّمَ عَلَى إِمَامِهِ
فِيْ الْمَوْقِفِ وَالْإِحْرَامِ بَلْ تَبْطُلُ الْمُقَارَنَةُ فِي الْإِحْرَامِ وَتُكْرَهُ
فِي غَيْرِهِ إِلَّا التَّأْمِيْنُ. وَيَحْرُمُ تَقَدُّمُهُ بِرُكْنٍ فِعْلِيٍّ وَتَبْطُلُ
بِرُكْنَيْنِ وَكَذَا التَّأَخُّرُ عَنْهُ بِهِمَا لِغَيْرِ عُذْرٍ وَبِأَكْثَرَ مِنْ
ثَلَاثَةِ أَرْكَانٍ طَوِيْلَةٍ لَهُ وَأَنْ يَعْلَمَ بِانْتِقَالَاتِ إِمَامِهِ
وَأَنْ يَجْتَمِعَا فِيْ مَسْجِدٍ أَوْ ثَلَاثِمِائَةِ ذِرَاعٍ وَأَنْ لَا يَحُوْلَ
بَيْنَهُمَا حَائِلٌ يَمْنَعُ الْإِسْتِطْرَاقَ وَأَنْ يَتَوَافَقَ نَظْمُ صَلَاتَيْهِمَا
وَأَنْ لَايَتَخَالَفَا فِيْ سُنَّةٍ تَفْحُشُ الْمُخَالَفَةُ فِيْهَا وَأَنْ يَنْوِيَ
الْإِقْتِدَاءَ مَعَ التَّحَرُّمِ فِيْ الْجُمْعَةِ وَقَبْلَ الْمُتَابَعَةِ وَطُوْلِ
الْإِنْتِظَارِ فِيْ غَيْرِهَا. وَيَجِبُ عَلَى الْإِمَامِ نِيَّةُ الْإِمَامَةِ فِي
الْجُمْعَةِ وَالْمُعَادَةِ وَتُسَنُّ فِيْ غَيْرِهِمَا.
Fasal
Wajib bagi setiap orang yang
menjadi makmum, baik dalam sholat jum’at atau selainnya, untuk tidak melebihi
(posisi terdepannya) imam dalam tempatnya, dan tidak mendahului takbirotul
ihrom imam. Bahkan menyertai/bersamaan dengan imam dalam takbirotul ihrom
itu membatalkan sholat. Adapun menyertai pada selain takbirotul ihrom hukumnya
makruh kecuali dalam membaca amin.
Mendahului imam dengan satu
rukun fi’li hukumnya haram dan mendahului imam dengan 2 rukun fi’li (haram dan)
membatalkan sholat. Begitu juga dapat membatalkan sholat jika makmum tertinggal
2 rukun fi’li tanpa udzur atau tertinggal lebih dari tiga rukun fi’li yang
panjang[1].
Wajib pula bagi makmum untuk :
1 Mengetahui
gerakan-gerakan imam.
2 Berkumpul dengan imam
dalam satu masjid atau dalam jarak 300 dziro’.[2]
3 Tidak ada penghalang yang
dapat menghalangi perjalanan makmum menuju imam (dengan cara berjalan yang
lumrah).
4 Selarasnya bentuk sholat
imam dan makmum.[3]
5 Tidak berselisih dalam
melakukan kesunahan yang perselisihan didalamnya dianggap perselisihan berat.[4]
[1] Rukun-rukun fi’li selain
I’tidal dan duduk diantara 2 sujud adalah rukun fi’li yang panjang. Lihat Mirqot
Shu’udi At-Tashdiq Syarh Sullam Taufiq, Surabaya : Al-Hidayah hal 35
[2] Satu dziro’ menurut: a.
Mayoritas Ulama = 48 cm. b. Imam Nawawi = 44,720 cm. c. Imam Rofi’i = 44,820
cm.
Sehingga 300 dziro’ menurut mayoritas
ulama = 14.400 cm/144 m.
[3]
Bila tidak selaras maka tidak sah jamaah makmum. Contoh sholat jamaah yang tidak
selaras adalah imam melakukan sholat jenazah dan makmum melakukan sholat
dhuhur.
[4]
Contoh perselisihan dalam kesunahan yang diangap perselisihan berat adalah imam
sedang melakukan tasyahud awal dan makmum berdiri dengan sengaja tanpa
melakukan tasyahud.
0 komentar:
Posting Komentar